Minggu, 23 Oktober 2011

Printer


Printer merupakan media output untuk mencetak ke kertas atau media lain. Walaupun fungsi dasarnya untuk mencetak namun majunya teknologi printer saat ini tidak hanya bisa untuk mencetak saja tetapi bisa digunakan untuk scan foto/gambar, fotocopy, atau kirim fax.
Beberapa jenis dan tipe printer banyak ditawarkan untuk saat ini, beberapa pertimbangan fungsi dan harga sering jadi patokan. Jenis printer yang ada saat ini dari cara kerjanya ada beberapa macam, contoh: dot matriks, bubble jet, ink jet dan laser jet.

  • Dot Matriks : jenis printer ini masih sering dijumpai di swalayan, wartel atau perusahaan, printer ini menggunakan pita dengan head yang berisi pin-pin yang digerakkan oleh elektromagnet. Saat bekerja head ini bergerak dari kiri ke kanan dan pin-pin dihentakkan ke pita sehingga tinta dari pita menempel ke kertas sesuai data yang dikirim dari komputer ke printed baris demi baris. Printer jenis ini sangat cocok untuk pencetakan kertas berkarbonasi di kantor-kantor sepeti cetak faktur misalnya.
  • Bubble Jet : jenis printer ini menggunakan tinta cair, cara kerjanya tinta oleh head dipanaskan sehingga membentuk gelembung (bubble) yang kemudian disemprotkan ke kertas sesuai data yang dikirimkan baris demi baris. Pergerakan cetak dari kiri ke kanan dan sebaliknya.
  • Ink Jet : hampir sama dengan bubble jet, jenis printer ini juga menggunakan tinta cair. Bedanya jenis printer ini tinta langsung disemprotkan dan pergerakannya juga dari kiri ke kanan dan sebaliknya baris demi baris.
  • Laser Jet : jenis printer ini menggunakan tinta serbuk atau sering disebut toner. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan mesin fotocopy, jenis printer ini lebih cepat dari jenis printer yang lain karena data langsung dicetak baris demi baris sekaligus. Data yang dikirim diproyeksikan ke rol yang mengakibatkan rol dengan data yang dapat berupa gambar atau tulisan tertempel oleh toner, lalu kertas dilewatkan pada rol tersebut. Setelah melewati pengering maka selesailah maka secara tidak sadar seakan-akan kertas tersebut lewat begitu saja di dalam printer.
Beberapa keunggulan dan kelemahan serta kebutuhan perlu diperhitungkan untuk memilih printer. Untuk kebutuhan cetak berupa teks saja laser jet dapat jadi pilihan, sedang untuk yang lebih kompleks bubble jet atau ink jet lebih baik. Untuk cetak yang memerlukan copy berkas seperti dalam perusahaan lebih baik menggunakan dot matriks.

0 comments:

Posting Komentar